Partisipasi BKD DIKLAT Kabupaten Pekalongan dalam Menghentikan Laju Penyebaran Covid-19

By BKD DIKLAT Kab. Pekalongan 19 Apr 2020, 09:01:02 WIB Corona
Partisipasi BKD DIKLAT Kabupaten Pekalongan dalam  Menghentikan Laju Penyebaran Covid-19

KAJEN – Virus Corona atau severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut Covid-19. Covid-19 bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian. Covid - 19 sedang menjadi berita hangat diseluru penjuru dunia. Virus ini adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak, orang dewasa, lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui. Covid – 19 pertama kali ditemukan di Kota Wuhan, Cina pada akhir Desember 2019. Hingga akhirnya menyebar ke berbagai Negara termasuk Indonesia.

Penyebaran Covid - 19 yang sangat cepat, harus dihentikan dengan berbagai langkah. Penyemprotan Disinfektan adalah salah satunya. Disenfektan adalah zat kimia yang digunakan untuk membunuh mikroorganisme pada benda mati. Berdasarkan anjuran dari WHO, bahwa bahan-bahan yang dapat digunakan sebagai disenfektan adalan etanol dan sodium hipoklorit (pemutih). Pengenceran 5 persen sodium hipoklorit dengan perbandingan 1:100 biasa dianjurkan. Gunakan 1 bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air ledeng dingin (pengenceran 1:100) untuk disinfeksi permukaan. Pada tanggal 20 Maret 2020 BKD Diklat Kabupaten Pekalongan dan seluruh OPD di lingkungannya, dilakukan penyemprotan Disinfektan ke seluruh lantai dan ruangan oleh tim Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan.

                Langkah pemutusan Covid - 19 berikutnya adalah dengan mencuci tangan memakai sabun. Seluruh pegawai yang akan memasuki BKD Diklat Pekalongan, diharuskan mencuci tangan memakai sabun dengan air mengalir yang telah disediakan di depan kantor BKD Diklat Kabupaten Pekalongan. Hand sanitizer juga tersedia di BKD Diklat Kabupaten Pekalongan. Semua orang yang berada di BKD Diklat boleh menggunakan agar tetap terjaga kebersihannya.

                Selain itu, untuk menghentikan penyebarluasan Covid-19, ASN/ non ASN di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan tetap dapat melaksanakan tugas kantor dari rumah/ tempat tinggalnya (work from home). Sistem kerja WFH  diatur oleh Kepala OPD dengan mempertimbangkan kelancaran kegiatan pelayanan sebagaimana diatur pada Surat Bupati Pekalongan Nomor 800/01035 tanggal 22 Maret 2020 perihal Penyesuaian Sistem Kerja Bagi ASN dan Non ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Pekalongan. WFH bertujuan mengurangi intensitas bertemu dengan banyak orang, sehingga dapat mengurangi penyebarluasan Covid – 19.

                Semoga dengan berbagai langkah pemutusan rantai Covid-19, akan membantu Pemerintah dalam penanganannya. Tetap patuhi aturan Pemerintah untuk #dirumahaja atau social distancing, jaga imunitas tubuh, selalu mengonsumsi vitamin, istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan rajin mencuci tangan. Jumlah orang yang positif Covid-19 semakin meningkat jumlahnya. Mari kita hentikan laju penyebarannya dimulai dari diri kita sendiri.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 2 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Kanan
Kanan
Kanan
Kanan
Kanan

Video Terbaru

View All Video

Temukan juga kami di

Ikuti kami di facebook, twitter, YouTube, Instagram dan dapatkan informasi terbaru dari kami disana.